HANYA SATU UNTUK SEMUA

 

 
NEWS CATEGORIES

 

Alamat: Kompleks Ruko Megamas, Blok IB No. 38, Manado
Telp: (0431) 879799 Fax: (0431) 879795 (Redaksi), (0431) 879790 (Marketing)

Berita Politik dan Pemerintahan

05 February 2015

Lintas Berita Pentas 


Mewoh Janji Benahi Pengamanan di Kantor Gubernur 
Manado, KOMENTAR
Mewaspadai aksi-aksi pencurian di Kantor Guber-nur Sulut beberapa hari terakhir, Kepala Satpol-PP dan Linmas Propinsi Sulut, Roy Mewoh, berjanji akan melakukan pembenahan pola pengamanan secara terpadu.
Dikatakan Mewoh, pihak-nya juga akan membangun koordinasi bersama Biro Umum, Setdaprop Sulut. Terutama dalam hal tam-bahan pengadaan camera-camera CCTV maupun lam-pu-lampu penerangan.
“Mobilitas personel Satpol-PP tentu masih terbatas, kendati demikian dengan hadirnya beberapa camera CCTV, aktivitas penga-manan tentu akan lebih baik,” kata Mewoh, Rabu (04/02) kemarin.
Pihak Biro Umum menurut Mewoh juga sudah berjanji untuk mengakomodir per-mintaan untuk pengadaan CCTV di area Kantor Guber-nur Sulut baik di tempat parkir maupun di beberapa tempat lainnya dan juga lampu penerang di setiap po-jok kantor gubernur. “Pe-ngadaan kemungkinan nanti dialokasikan pada APBD Perubahan 2015,” ujarnya.
Kasus-kasus pencurian di kantor gubernur memang semakin mengkhawatirkan, setelah Selasa lalu, satu unit laptop dan HP yang terkunci di dalam mobil, hilang digasak maling.(fly) 

Dikunjungi Gubernur, Sitaro Banjir Bantuan 
Manado, KOMENTAR
Gubernur Sulut Dr Sinyo Harry Sarundajang (SHS) kembali menghadiri pesta adat Tulude. Setelah pecan lalu di Kabupaten Sangihe, Selasa (03/02) SHS bersama Wagub Dr Djouhari Kansil menghadiri perayaan yang sama di Kabu-paten Sitaro yang berpusat di lapangan sepak bola Ulu Siau, Selasa (3/2) berlangsung spektakuler. 
Dalam sambutannya, SHS mengajak warga Sitaro untuk terus melestarikan nilai-nilai budaya adat Tulude. “Pesta adat Tulude mampu me-nyatukan semua unsur go-longan agama di dalamnya. dan mengandung multi makna yaitu ritual keagamaan. Harus diakui tiga tahun terakhir Tulude digelar di pelbagai tempat di Sulut termasuk oleh warga Nusa Utara di peran-tauan menilai sudah semakin maju, karena pelaksanaannya tidak hanya dilakukan,” ujarnya.
Pada kesempatan itu, SHS menyerahkan bantuan dari Pemprop Sulut untuk peng-ungsi korban bencana Gunung Karangetang yang terjadi belum lama ini berupa 360 paket, baferstok, pekat lauk pauk serta supermie, kasur dan selimut masing-masing 50 dos/lebar, bantuan persediaan antisipasi bencana 170 jenis, bantuan bea siswa S2 untuk dua orang masing-masing Rp.12 juta, bantuan rehabilitasi 2 gedung SMA dan 3 SMK sebesar Rp 900 juta, bantuan untuk wasor TB Dinkes Sitaro dan satu unit sepeda motor untuk bidang kesehatan. 
“Selain bantuan dari Pemprop juga ada bantuan dari berbagai kementerian di tahun 2015 ini seperti sektor perhubungan mencapai 84,912 Miliar, yaitu untuk membangun fasilitas pelabuhan laut sebanyak 7 paket sebesar Rp 6,423 M, pekerjaan lanjutan landasan pacu bandara pihise 1,200 X 30 M2 sebesar Rp. 67 M, pek apron Rp5.928 M, serta subsidi angkutan perintis penyebrangan KMP Lokong Banua lintas Bitung-Tagulandang Rp11.489 M, KMP Lohoraung lintas Bi-tung-Tagulandang, Makalehi, Siau dan Buhias serta subsidi angkutan perintis laut pangkalan Bitung-Tahuna,” beber SHS.
Di samping itu, lanjut SHS, juga ada bantuan APBD/APBN lain yakni sebesar Rp.3.4 M dari Dinas Kelautan dan Perikanan Pemprop Sulut berupa 7 unit paket katinting sebesar Rp35 juta, 1 paket rumput laut sebesar Rp40 juta, peralatan peng-olahan pulau sebesar Rp20 juta, penguatan kelembagaan pe-ngolahan ekosistem pulau-pulau kecil sebesar Rp104 juta. “Juga bantuan dari dana DAK Rp3,401.480 juta untuk kapal penangkap ikan 15 unit 3 GT, rumpon 7 unit, KJH HDPE 2 unit, mesin untuk buat es 1 unit, cool box 95 unit,” tukas SHS.
Turut Hadir Wagub Sulut Dr Djouhari Kansil MPd, Ketua TP PKK Sulut Ny Deetje Sa-rundajang L Tambuwun ber-sama Wakil Ny Mieke Kansil Tatengkeng, Forkompimda Sulut, serta pejabat teras Pemprop Sulut. (imo)


Gubernur: 2016, Bandara Pihise Selesai Dibangun 
Manado, KOMENTAR
Gubernur Sulawesi Utara Dr Sinyo Harry Sarundajang (SHS) mengatakan, Tahun 2016 pembangunan bandara Pihise di Kabupaten Kepu-lauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) selesai ber-samaan dengan bandara di pulau Miangas Kabupaten Kepulauan Talaud. Hal itu disampaikan Gubernur saat melakukan peninjauan bandara Pihise yang terletak di desa Balirangeng, Rabu (04/02) kemarin.
Kehadiran dua bandara di dua kabupaten kepulauan Nusa Utara ini, menurut SHS dapat berfungsi multi guna karena selain untuk meningkatkan pertumbuh-an ekonomi rakyat tapi juga akan menjadi pertahanan Negara. 
“Saya mengharapkan pe-merintah Kabupaten Sitaro dan Talaud dapat mem-berikan perhatian serius untuk penyelesaian kedua bandara tersebut,” ujarnya.
Sementara itu, Kadis Perhubungan dan Kominfo Provinsi Sulut Drs Joi Oroh bersama PPK bandara Pihise Ramly Asla saat mendam-pingi Gubernur dalam pe-ninjauan tersebut meng-ungkapkan, untuk TA 2015 pembangunan bandara Pi-hise telah mendapat alokasi dan dari APBN sebesar Rp 68 M. “Dana itu untuk penger-jaan cut and fill persiapan sisi darat, lanjutan tahap ke-3 pekerjaan konstruksi runway dari 1200x30 M men-jadi 1400x30 M, pengerjaan konstruksi Taxiway 96x18 M, termasuk pembuatan appron 60x70 M,” papar Oroh. Ikut mendapingi Gubernur, Wa-gub Dr Djouhari Kansil MPd, Ketua DPRD Propinsi Steven Kandou serta sejumlah pe-jabat teras lainnya.(imo)

  
© Copyright 2003 Komentar Group. All rights reserved. webadmin