HANYA SATU UNTUK SEMUA

 

 
NEWS CATEGORIES

 

Alamat: Kompleks Ruko Megamas, Blok IB No. 38, Manado
Telp: (0431) 879799 Fax: (0431) 879795 (Redaksi), (0431) 879790 (Marketing)

Berita Minahasa Selatan

05 February 2015

PT Putra Karangetang Beroperasi Tanpa UPL/UK


Amurang, KOMENTAR
Bisa dikatakan miris dika-renakan pabrik tepung ke-lapa milik PT Putra Karange-tang yang berada di Desa Po-pontolen, Kecamatan Tum-paan ternyata belum memi-liki dokumen berdomisi. Padahal telah beroperasi sejak puluhan tahun lalu. Tidak heran bila lingkungan sekitar pabrik diduga telah tercemar.
Padahal UPL dan UKL di-amanatkan dalam peraturan perundangan yang berlaku, bagi usaha dan atau kegiat-an yang tidak diwajibkan menyusun Analisis Menge-nai Dampak Lingkungan (AMDAL) maka wajib me-lengkapi UKL dan UPL. Ke-pala Kantor Lingkungan Hi-dup (KLH) Minsel, Benyamin Polii turut membenarkan.
“Sudah kami lakukan pe-ngecekan dan didapati per-usahaan ini sampai seka-rang belum memiliki UKL-UPL. Makanya sudah diki-rimkan tim dan memanggil pemilik Putra Karangetang. Dan hasil dari komunikasi saat ada panggilan, pihak manajemen bersedia me-ngurus,”jelasnya.
Menurut aktifis lingkungan Minsel, UKL-UPL sangat penting, dimana menjadi salah satu persyaratan pe-merintah daerah, khusus-nya instansi terkait untuk memberikan izin aktivitas perusahan tersebut. “Ya, jika memang belum mengantongi UPK/UKL tentunya patut di-pertanyakan layak atau ti-dak perusahan itu berope-rasi melakukan usahanya,” terang Wowor.
Lanjut dia, dengan menjadi kewajiban perusahaan Ka-rangetang Putra sebelum melakukan usaha mereka, seharusnya wajib mengurus UKL/UPL. “Nah, jika demi-kian instansi terkait ling-kungan hidup harus meng-ambil sikap tegas atas kela-laian perusahaan memenuhi UKL-UPL tersebut,” tandas-nya.(vtr)





  
© Copyright 2003 Komentar Group. All rights reserved. webadmin