HANYA SATU UNTUK SEMUA

 

 
NEWS CATEGORIES

 

Alamat: Kompleks Ruko Megamas, Blok IB No. 38, Manado
Telp: (0431) 879799 Fax: (0431) 879795 (Redaksi), (0431) 879790 (Marketing)

Berita Mimbar dan Keagamaan

10 March 2015

Sidang MPL PGI Spiritualitas Keugaharian


Manado, KOMENTAR
Sidang Majelis Pekerja Leng-kap Persekutuan Gereja-Ge-reja di Indonesia (MPL-PGI) Ta-hun 2015 dilaksanakan di Ka-bupaten Malinau Kalimantan Utara. Kegiatan persidangan ini berlangsung Tgl 6 Maret-9 Maret 2015. Sidang ini dihadiri oleh MPH PGI, MP PGI, Ang-gota Mitra Pemuda dan PA MPL PGI dan Utusan-utusan Sinode di Indonesia.
Demikian dijelaskan salah satu MPL PGI dari unsur Pe-mudan Pnt Melky Pangema-nan SIP. Dikatakan, Ketua Umum PGI, Pdt Dr Henriette Tabita Lebang memberikan sambutan pertama sedangkan sambutan kedua serta membuka aca-ra  oleh Pj. Gubernur Kaliman-tan Utara Irianto Lambrie.
Dalam rangkaian sidang MPL PGI Tahun 2015 disampaikan mandat gerakan oikoumene dari Sidang Raya XVI PGI Tahun 2014 di Gunung Sitoli Nias.
Salah satu aspek yang men-jadi amanah Sidang Raya di Nias adalah Spiritualitas Ke-ugaharian. Dalam hal ini mele-takkan spiritualitas keugaharian sebagai spiritualitas alternatif dalam rangka panggilan gereja melawan ketidakadilan, peng-hancuran lingkungan, praktik korupsi, radikalisme dan masa-lah kemiskinan.
Spiritualitas keugaharian menjadi salah satu dari enam agenda pokok gerakan oikou-mene di Indonesia Tahun 2014-2019.
Adapun agenda pokok itu adalah mengupayakan formasi oikoumenis yang berwawasan kebangsaan, mendorong dialog dan aksi bersama gereja-gereja di Indonesia, membangun ke-sadaran dan jejaring politik kewarganegaraan, mengupa-yakan keadilan sosial, keman-dirian gereja dan masyarakat, membentuk Komisi Hukum dan HAM Gereja, mendata, mengka-ji dan mengembangkan poten-si yang dimiliki gereja-gereja.
“Dalam persidangan MPL Tahun ini memang menurut saya lebih terfokus pada pen-dekatan perilaku manusia dan gereja sebagai institusi terkait isu-isu kemiskinan, radikalis-me dan krisis lingkungan. Tetapi juga banyak menyoroti isu-isu politik, hukum dan sosial ekonomi negara kita dalam konteks bergereja,” ujar Pangemanan selaku Ma-jelis Pekerja Lengkap PGI Un-sur Pemuda.
Beberapa MPL PGI unsur Pemuda juga hadir dalam sidang MPL Tahun 2015 dian-taranya Sepriyani Rida, Ario Daud, Mefibozet Gah dan Melky Pangemanan.
Hadir juga pimpinan-pim-pinan gereja di Sulawesi Uta-ra seperti Pdt. Lamberty Man-dagi MTh Pdt DR HWB Suma-kul dan Gbl Teddy Batasina STh.(gra/*)


  
© Copyright 2003 Komentar Group. All rights reserved. webadmin