CLOSE PAGE : PRINT NEWS

 

 

 
NEWS CATEGORIES
Mimbar Keagamaan
Opini Redaksi
Berita Manado
Politik & Pemerintahan
Pendidikan
Ekonomi
Hukum &  Kriminalitas
Otonomi & Suksesi
Bolamania & Olahraga
 
 
BERITA DAERAH
Minahasa
Minahasa Minut
Minahasa Selatan
Minahasa Tenggara
Tomohon
Bitung 
Sangihe
Talaud
Sitaro 
Totabuan 

REDAKSI INFO.
About Us

Alamat: Kompleks Ruko Megamas, Blok IB No. 38, Manado
Telp: (0431) 879799 (Hunting),
Fax: (0431) 879795 (Redaksi), (0431) 879790 (Marketing)
 

  

Berita Kesehatan dan Lingkungan 

20 July 2012

Pengobatan Dinkes Sulut di Ratahan Ditolak Camat

 

IKUTI BERITA LAIN

Sampai Juni 2012, 19 Orang di Sulut Meninggal karena Rabies

Pemenang akan berlomba di tingkat nasional
April, BKKBN Sulut akan Menggelar Pentas Komedi Genre 2012

KEGIATAN sosial Dinas Kesehatan (Dinkes) Sulut berupa pengobatan gratis yang dilaksanakan Rabu (19/07) untuk masyarakat Kecamatan Ratahan, khu-susnya Desa Tosuraya Ba-rat, mendapatkan penolakan dari camat setempat dengan alasan kurang jelas.
Tapi menurut Kepala Din-kes Sulut dr Maxi Rondo-nuwu DHSM, penolakan itu bukan menjadi masalah, ka-rena di manapun pengoba-tan bisa berlangsung. “Tidak tergantung lokasi, apakah di bawah pohon atau lapangan terbuka bukan menjadi ha-langan, karena yang penting tujuan untuk mengobati masyarakat bisa tercapai,” jelasnya.
Rencana awal, kegiatan akan berlangsung di balai pertemuan desa, tapi karena Camat Ratahan tidak mem-bolehkan pengobatan untuk masyarakat berlangsung di lokasi itu, akhirnya tim dari Dinkes Sulut berniat mem-batalkan kegiatan tersebut. Tetapi karena ada inisiatif dari masyarakat untuk me-mindahkan lokasi dan tetap melaksanakan pengobatan gratis, kegiatan itu terlak-sana dengan baik.
Sampai berakhirnya peng-obatan, tercatat masyarakat yang dilayani sebanyak 150 orang untuk pengobatan umum, pemeriksaan gula darah dan sekitar 150 untuk pemeriksaan mata disertai pemberian kacamata gratis.
Sementara itu, Sinyo Ro-rong warga setempat menya-takan penyesalan terhadap penolakan camat itu. Menu-rutnya, niat baik dari Dinkes Sulut untuk masyarakat ditolak mentah-mentah oleh camat. Padahal kepala desa dan aparatnya sudah me-nyatakan setuju dilaksana-kannya kegiatan tersebut.
“Menyesal sekali ada peno-lakan seperti ini. Padahal pemerintah kecamatan sen-diri tidak pernah melaksana-kan pengobatan gratis. Tapi di saat ada salah satu putra daerah yang peduli, malah ditolak,” sesal Sinyo.
Sedangkan menurut Fritje Rambi, mewakili warga lain-nya menyampaikan terima kasih kepada Dinkes Sulut yang dipimpin dr Maxi Ron-donuwu, mau melaksana-kan pengobatan gratis di desa tersebut. “Kalo torang mo ke Manado musti kaluar frag lei. Apalagi kalo mo beli ka-camatan. Torang bersyukur dengan pengobatan ini. Tri-ma kaseh untuk dokter Maxi dan tim dari kesehatan,” ujar Fritje Rambi.(dds)

  
© Copyright 2003 Komentar Group. All rights reserved. webadmin