CLOSE PAGE : PRINT NEWS

 

 

 
NEWS CATEGORIES
Mimbar Keagamaan
Opini Redaksi
Berita Manado
Politik & Pemerintahan
Pendidikan
Ekonomi
Hukum & Kriminalitas
Otonomi & Suksesi
Bolamania & Olahraga
 
 
BERITA DAERAH
Minahasa
Minahasa Minut
Minahasa Selatan
Minahasa Tenggara
Tomohon
Bitung 
Sangihe
Talaud
Sitaro 
Totabuan 

REDAKSI INFO.
About Us

Alamat: Kompleks Ruko Megamas, Blok IB No. 38, Manado
Telp: (0431) 879799 (Hunting),
Fax: (0431) 879795 (Redaksi), (0431) 879790 (Marketing)
 

Berita Politik dan Pemerintahan

23 July 2012

Harga Cengkih
Diproyeksikan Terus Melonjak

 

IKUTI BERITA LAIN

Sidak sejumlah fasilitas di kantor gubernur
Wagub Janjikan Fasilitas
Press Room Berfungsi Baik  Bolmong

PAD Dipenda Tembus 52 Persen

Lintas Berita Pentas

Manado, KOMENTAR
Harga cengkih yang saat ini masih bertahan di kisaran harga Rp 80-an ribu per kilogram, diproyeksikan masih akan terus melonjak. Apalagi ketika para petani semakin cerdas dan lebih selektif dalam melepas cengkih ke tangan pedagang.

Kepala Dinas Perkebunan Propinsi Sulawesi Utara (Sulut) Ny Yenny Karouw melalui Kepala Bidang Pro-duksi dan Perlindungan Ta-naman, Refly Ngantung me-ngatakan bahwa secara na-sional kebutuhan cengkih diperkirakan mencapai se-kitar 120 ribu ton. Sementa-ra panen di Sulut tahun ini mampu mencapai 10 ribu sampai 15 ribu ton, begitu pun dengan daerah Maluku dan sekitarnya sekitar 5 ribu ton dan daerah lain di Sumatra pada kisaran 10 ribu ton.
“Tahun ini, secara matema-tis diproyeksikan akan ter-jadi defisit atau kekurangan supply. Produksi cengkih se-cara nasional ada berkisar 30-an ribu ton. Sehingga harga diperkirakan akan terkatrol Rp 100 ribu per kilogram bahkan lebih,” kata Ngantung.
Saat ini produksi cengkih memang agak berkurang, siklus terjadinya panen raya menurutnya baru akan ter-jadi pada tahun 2013 men-datang. Itupun setelah mem-perhitungkan juga perubah-an iklim yang semakin tak menentu akhir-akhir ini.
“Hukum pasar jelas akan lebih berbicara dalam hal ini, apalagi ketika supply cende-rung berkurang dan tak se-banding dengan kebutuhan, harga tentu akan melonjak naik,” tukasnya.
Sementara itu, sejumlah pe-tani cengkih mengaku masih cukup khawatir dengan si-kap pemerintah yang tak kunjung mengambil sikap. Salah satunya yakni melalui pola resi gudang, terutama da-lam mengantisipasi terjadi-nya panen raya cengkih men-datang.
“Tahun-tahun kemarin ren-cananya akan diterapkan resi gudang oleh pemerintah setelah sempat disosialisasi-kan lebih lanjut, terutama da-lam menghadapi panen raya. Padahal jika rencana ini be-nar-benar dijalankan, tentu akan sangat menguntung-kan petani, karena selama ini, pemerintah seakan lepas tangan dan para pedagang-lah yang paling banyak di-untungkan dalam hal ini,” sebut salah seorang petani cengkih.(fly)

  
© Copyright 2003 Komentar Group. All rights reserved. webadmin