CLOSE PAGE : PRINT NEWS

 

 

 
NEWS CATEGORIES
Mimbar Keagamaan
Opini Redaksi
Seputar Manadoku 
Politik Pemerintahan
Pendidikan Budaya
Bisnis Ekonomi
Hukum dan Kriminal
Bolamania Tribun
BERITA DAERAH
Minahasa Induk
Minahasa Minut
Minahasa Selatan
Minahasa Tenggara
Tomohon
Bitung 
Sanger dan Talaud 
Bolmong 
REDAKSI INFO.
About Us

Alamat: Kompleks Ruko Megamas, Blok IB No. 38, Manado
Telp: (0431) 879799 (Hunting),
Fax: (0431) 879795 (Redaksi), (0431) 879790 (Marketing)
 

  

Berita Pendidikan dan Budaya 

05 February 2015

Jalur SNMPTN Dibuka, Unsrat Bakal Terima 5.085 Maba

 

 IKUTI BERITA LAIN

Mengacu ketentuan UKDI Faked Unsrat Dijatah 100 Maba

UNPI Targetkan Terima 1.000 Maba

Liando Tercatat Sebagai Peneliti ERI

Manado, KOMENTAR
Tahapan penerimaan mahasiswa baru (maba) melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2015 telah dibuka. Karenanya, kesempatan terbaik ini agar dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh para kepala sekolah (kepsek) jenjang SMA/SMK yang ada di Bumi Nyiur Melambai ini.
Dikatakan Wakil Rektor Bidang Akademik Prof dr Jimmy Posangi MSc PhD SpFK, kuota penerimaan maba Unsrat di tahun 2015 diplot sebanyak 5.085 orang. Jumlah tersebut terbagi dalam tiga tahapan dengan rincian, jalur SNMPTN seba-nyak 50 persen sedangkan 30 persen diambil dari Selek-si Bersama Masuk Pergu-ruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan sisanya 20 persen me-lalui jalur Mandiri, dalam hal ini jalur Tumou Tou dan Su-mikolah. “Kuota terbesar da-lam penerimaan mahasiswa baru ada di jalur SNMPTN. Karena itu para kepala se-kolah agar memperhatikan-nya. Mengingat SNMPTN merupakan pekerjaan dari sekolah-sekolah bukan Unsrat,” tukasnya.
Untuk jalur SNMPTN, lan-jut Posangi memiliki keisti-mewaan dibandingkan jalur lainnya. Antara lain, tidak ada pungutan biaya, standar penerimaan didasarkan pada nilai siswa yang dilihat sejak semester pertama hingga semester lima. Se-lanjutnya, sekolah wajib memasukkan data dan nilai siswa melalui Pangkalan Da-ta Sekolah dan Siswa (PDDS). “Dalam tahapan ini, sekolah harus memasukkan semua data sesuai aslinya, jangan sampai ada upaya rekayasa. Hal ini hanya akan merugi-kan siswa maupun sekolah yang akan dikenai blacklist,” tukasnya sambil menam-bahkan bahwa verifikasi data menjadi kunci diterima-nya mahasiswa. “Pada taha-pan verifikasi, data yang masuk di PDSS harus sama dengan data yang ada pada calon mahasiswa baru. Jika terdapat perbedaan, maka baik siswa maupun sekolah akan dikenai sanksi,” tegas Posangi.
Posangi juga mengingatkan seluruh dinas pendidikan yang ada di kabupaten/kota untuk menyampaikan pada seluruh SMA/SMK agar tidak mele-watkan tahapan SNMPTN. Di mana tahapan pengisian PDSS telah dimulai pada 22 Januari hingga 8 Maret 2015. Selanjutnya pendaftaran di-jadwal pada 13 Februari hing-ga 15 Maret 2015, tahapan seleksi 16 Maret-08 Mei 2015, pengumuman 9 Mei 2015 dan pendaftaran ulang atau verifi-kasi pada 9 Juni 2015.(eda)

  
© Copyright 2003 Komentar Group. All rights reserved. webadmin

  
© Copyright 2003 Komentar Group. All rights reserved. webadmin