CLOSE PAGE : PRINT NEWS

 

 

 
NEWS CATEGORIES
Mimbar Keagamaan
Opini Redaksi
Berita Manado
Politik & Pemerintahan
Pendidikan
Ekonomi
Hukum & Kriminalitas
Otonomi & Suksesi
Bolamania & Olahraga
 
BERITA DAERAH
Minahasa
Minahasa Minut
Minahasa Selatan
Minahasa Tenggara
Tomohon
Bitung 
Sangihe
Talaud
Sitaro 
Totabuan 
REDAKSI INFO.
About Us

Alamat: Kompleks Ruko Megamas, Blok IB No. 38, Manado
Telp: (0431) 879799 (Hunting),
Fax: (0431) 879795 (Redaksi), (0431) 879790 (Marketing)
 

  

Berita Pendidikan

23 July 2012

Rangan Resmi Menjabat
Direktur Politeknik Negeri Manado

 

 IKUTI BERITA LAIN

Tunjangan Sertifikasi Guru Non PNS Siap Digulir

Lintas Berita Pendidikan 


Manado, KOMENTAR
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) RI, Mohammad Nuh, pada Jumat (20/07) baru-baru ini, secara resmi melantik Ir Jemmy Rangan MT sebagai Direktur Politeknik Negeri Manado, periode 2012-2016.

Prosesi pelantikan yang dilakukan di Graha Utama Kemdikbud RI, dengan me-ngacu Surat Keputusan (SK) nomor 184/PMK.A4/KP/2012 tertanggal 18 Juli 2012 tersebut, Mendikbud seba-gaimana dikutip Rangan me-nyampaikan pesan tentang pentingnya akuntabilitas dan tata kelola perguruan tinggi. “Sebagai jenjang ter-tinggi dalam pendidikan, per-guruan tinggi diharapkan dapat menegakkan prinsip transparansi, efisiensi dan efektivitas. Sebab, kalau bukan perguruan tinggi, sia-pa lagi yang diharapkan un-tuk menerapkan prinsip-prinsip tersebut,” kata Rangan menyalin pernyata-an Mendikbud.
Tak itu saja, untuk proses-proses pembudayaan dan pembelajaran, perguruan tinggi, lanjut Mendikbud, merupakan tumpuan ter-akhir untuk memenuhi ke-kurangan-kekurangan dari pendidikan anak usia dini, dasar, dan menengah. “Ke-beradaan perguruan tinggi jangan sampai dijadikan sebagai beban. Tapi justru sebagai bagian penting dari proses pendidikan,” ujar Rangan kembali mengutip keterangan Mendikbud.
Orientasi akhir dari penye-lenggaraan perguruan tinggi, jelas Mendikbud, adalah menyangkut kualitas. Hal ini penting, untuk menghindari kebijakan yang dikeluarkan kontraproduktif dengan kua-litas. Mengingat pemerintah tidak dapat melepaskan tang-gung jawab terhadap pendi-dikan tinggi, menyusul upa-ya penegerian beberapa per-guruan tinggi dan pendirian perguruan tinggi baru. “Ken-dati pihak lain bisa melak-sanakannya, tetapi sebagai komitmen dasar harus dila-kukan sendiri oleh pem-erintah,” ungkap Mendikbud seperti diteruskan Rangan.
Selain itu, Mendikbud me-ngajak para rektor dan di-rektur yang baru dilantik untuk lebih ramah sosial. Pasalnya, hal tersebut me-rupakan kunci memperkuat keberadaan undang-undang pendidikan tinggi. “Perguru-an tinggi harus lebih pro aktif mendatangi kantong-kantong dimana masyarakat yang terhimpit persoalan ekonomi. Sebab, kemuliaan perguruan tinggi bukan terd-apat pada banyaknya mobil mewah yang parkir di depan kampusnya, tapi berapa ba-nyak anak-anak miskin yang diberi karpet merah untuk masuk kampus tersebut,” kunci Mendikbud.
Sementara itu, usai pe-lantikan, Rangan tak henti-hentinya mengucap syukur kepada Tuhan, seluruh ke-luarga besar Politeknik Ne-geri Manado, yang selama ini telah bersama-sama ber-juang membesarkan kam-pus. “Saya bersyukur pelan-tikan dapat berlangsung baik. Terima kasih juga kepada seluruh warga Politeknik Negeri Manado, terutama atas kepercayaan yang diberikan sehingga saya dapat kembali memimpin untuk yang kedua kalinya,” tandasnya.
Selain Rangan, Mendikbud juga melantik sejumlah rek-tor dan direktur dari berba-gai perguruan tinggi. Ma-sing-masing Phil Yanuar, se-bagai Rektor Universitas Pa-dang, Bustami Rahman, Rektor Universitas Bangka Belitung, Philipus Betaubun, Rektor Universitas Musa-mus, Riswan Direktur Poli-teknik Negeri Balikpapan, Priyono Eko Sanyoto, seba-gai Direktur Politeknik Ne-geri Batam, Muhammad Mil-chan, sebagai Direktur Poli-teknik Negeri Bengkalis, Dede Buchori Muslim, seba-gai Direktur Politeknik Ma-nufaktur Negeri Bangka Beli-tung dan Siegfried Berhim-pon, sebagai Direktur Poli-teknik Negeri Nusa Utara.(eda)
 

  
© Copyright 2003 Komentar Group. All rights reserved. webadmin