CLOSE PAGE : PRINT NEWS

 

 

 
NEWS CATEGORIES
Mimbar Keagamaan
Opini Redaksi
Berita Manado
Politik & Pemerintahan
Pendidikan
Ekonomi
Hukum & Kriminalitas
Otonomi & Suksesi
Bolamania & Olahraga
 
 
BERITA DAERAH
Minahasa
Minahasa Minut
Minahasa Selatan
Minahasa Tenggara
Tomohon
Bitung 
Sangihe
Talaud
Sitaro 
Totabuan 

REDAKSI INFO.
About Us

 

Alamat: Kompleks Ruko Megamas, Blok IB No. 38, Manado
Telp: (0431) 879799 (Hunting),
Fax: (0431) 879795 (Redaksi), (0431) 879790 (Marketing)
 

Berita Minahasa Tenggara 

23 July 2012

Anggaran per orang Rp 6 juta, kloter II pekan depan
Hari Ini Kloter Pertama 67
Hukumtua Berangkat ke Malang

 

 IKUTI BERITA LAIN

Pencoblosan (harusnya) digelar Juli 2012, tahapan dimulai Januari
Anggaran Pelaksanaan Pilkada Mitra
Belum Bisa Dipastikan

Lintas Berita Minahasa Tenggara

Ratahan, KOMENTAR
Para hukumtua dan lurah di Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) kembali mendapatkan kesempatan untuk mengikuti bimbingan teknis dan pelatihan dalam bidang pemberdayaan masyarakat desa di luar daerah. Untuk tahap awal, Senin (23/07) hari ini, 67 hukumtua/lurah akan berangkat mengikuti pelatihan tersebut ke Malang, Jawa Timur.

Kepala Badan Pemberdaya-an Masyarakat dan Peme-rintahan Desa (BPMPD) Kabupaten Mitra, Drs Des-ten Katiandagho MSi men-jelaskan, 67 hukumtua/lurah yang masuk kelompok terbang (Kloter) pertama ini berasal dari enam kecamat-an, masing-masing Keca-matan Ratahan, Kecamatan Ratahan Timur, Kecamatan Tombatu, Kecamatan Tom-batu Timur, Kecamatan Silian Raya, dan Kecamatan Posumaen.
“Sebenarnya hanya ada 61 hukumtua/lurah yang akan berangkat hari ini, tetapi ditambah dengan enam camat. Jadi jumlah keselu-ruhan yang akan berangkat esok (hari ini, red) sebagai rombongan kloter pertama berjumlah total 67 orang,” katanya kepada harian ini yang mengonfirmasinya via ponsel, Minggu (22/07) ke-marin.
Menurut Katiandagho, un-tuk 83 hukumtua/lurah dari enam kecamatan sisanya nanti akan masuk kloter ke-dua dan akan diberangkat-kan pekan depan. Selain 83 hukumtua/lurah itu, kloter II juga akan diisi enam camat sisa, masing-masing dari Kecamatan Passan, Kecamatan Belang, Keca-matan Ratatotok, Kecamat-an Touluaan, Kecamatan Touluaan Selatan dan Kecamatan Tombatu Utara.
Ditanya soal anggaran yang dibutuhkan, menurut Ka-tiandagho, rata-rata masing-masing hukumtua/lurah termasuk camat membutuh-kan anggaran Rp 6 juta, sudah termasuk biaya tiket dan kontribusi untuk pela-tihan tersebut. “Sumber pembiayaan adalah Alokasi Dana Desa (ADD) yang memang ada bagian untuk operasional hukumtua,” jelas mantan Kepala Badan kepegawaian daerah dan Diklat Mitra ini.
Katiandagho menambah-kan, pelatihan ini juga merupakan tindak lanjut atas tawaran yang datang langsung dari Balai Besar Pemberdayaan Masyarakat Desa (BBPMD) Malang yang merupakan UPTD Kemen-terian Dalam Negeri. “Jadi waktu lalu Kepala BBPMD Malang, Ir Margono MSi ber-sama rombongan berkun-jung ke Mitra dan mena-warkan kerjasama pelatihan untuk hukumtua dan lurah. Jadi ini tindaklanjutnya,” pungkasnya.(ftj)

  
© Copyright 2003 Komentar Group. All rights reserved. webadmin