CLOSE PAGE : PRINT NEWS

 

 

 
NEWS CATEGORIES
Mimbar Keagamaan
Opini Redaksi
Berita Manado
Politik & Pemerintahan
Pendidikan
Ekonomi
Hukum & Kriminalitas
Otonomi & Suksesi
Bolamania & Olahraga
 
 
BERITA DAERAH
Minahasa
Minahasa Minut
Minahasa Selatan
Minahasa Tenggara
Tomohon
Bitung 
Sangihe
Talaud
Sitaro 
Totabuan 

REDAKSI INFO.
About Us

 

Alamat: Kompleks Ruko Megamas, Blok IB No. 38, Manado
Telp: (0431) 879799 (Hunting),
Fax: (0431) 879795 (Redaksi), (0431) 879790 (Marketing)
 

Berita Minahasa Tenggara 

05 February 2015

Terkait pemeriksaan BPK, Wabup minta semua harus kooperatif 
Para Pejabat Diminta Jangan Dulu ke Luar Daerah

 

 IKUTI BERITA LAIN

Rakornas dengan Presiden, Bupati 
Tegaskan Mitra Serius Perangi Narkoba

Bupati Kecam Pembunuhan Warga Ratatotok
Pemeriksaan Awal untuk 2014, Hari Ini BPK Mulai Masuk ke Mitra

Ratahan, KOMENTAR
Para pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) diminta untuk jangan dulu melakukan agenda ke luar daerah apalagi kalau tidak sangat penting. Hal ini karena adanya pemeriksaan (awal) oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI terhadap pengelolaan keuangan Mitra Tahun Anggaran 2014.
Rabu (04/02) kemarin, BPK secara resmi masuk ke Mitra dan melakukan entry briefing, disambut jajaran Pemkab Mitra yang dipimpin Wakil Bupati Ronald Kandoli. 
“BPK secara resmi masuk ke Mitra dengan beranggo-takan empat personel untuk melakukan pemeriksaan awal terhadap pengelolaan keuangan Kabupaten Mitra Tahun Anggaran 2014. Kita tentu menyambut positif ke-datangan BPK ini,” kata Wa-bup usai menyambut tim BPK.
Wabup mengungkapkan, telah disampaikan instruksi khusus kepada semua peja-bat di Mitra, mulai dari ke-pala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang juga sebagai Pengguna Anggaran (PA), Kuasa Pengguna Ang-garan (KPA), Pejabat Pem-buat Komitmen (PPKom), Pejabat Penatausahaan Ke-uangan (PPK), Pejabat Pelak-sana Teknis Kegiatan (PPTK), Bendahara Pengeluaran dan Bendahara Pendapatan, ser-ta pejabat keuangan lainnya.
“Kepada semua pejabat ke-uangan diinstruksikan untuk kooperatif dengan pemerik-saan dari BPK ini dengan menyiapkan data-data yang diperlukan. Dan selama ada pemeriksaan BPK, semua pe-jabat ini jangan dulu melaku-kan perjalanan ke luar daerah. Pemeriksaan ini akan berjalan lancar kalau data yang BPK minta itu tersedia dan pejabat yang mereka cari itu ada di tempat. Khusus untuk inspek-torat juga harus terus men-dampingi tim dari BPK dalam pemeriksaan ini,” sebutnya.
Meskipun baru pemerik-saan awal, kata Wabup, na-mun tim dari BPK akan me-motret secara keseluruhan tentang administrasi dan dokumen-dokumen pengelo-laan keuangan tahun angga-ran 2014 tersebut. 
“Mereka akan mengambil data dan sampel untuk dipe-riksa. Pemeriksaan ini akan diperdalam dan dipertajam lagi saat pemeriksaan regu-ler setelah pemkab Mitra memasukkan Laporan Keua-ngan Pemerintah Daerah (LKPD) 2014,” terangnya.
Lanjut disampaikan Wa-bup, Jumat (06/02) esok, tim dari BPK juga akan memberikan briefing kepada semua pejabat keuangan yakni PA, KPA, PPKom, PPK, PPTK dan para bendaha-rawan tentang metode peme-riksaan dan pertanggungja-waban pengelolaan keuangan. 
“Tim dari BPK ini akan berada di Mitra selama tiga puluh hari ke depan, kami berharap pemeriksaan awal ini berjalan lancar begitupun dengan pemeriksaan reguler nanti. Target kita seperti sudah sejak awal disampai-kan yakni meraih opini Wa-jar Tanpa Pengecualian (WDP) dari BPK. Setidak-tidaknya Wajar Dengan Pengecualian (WDP),” pungkasnya.(ftj)

  
© Copyright 2003 Komentar Group. All rights reserved. webadmin