CLOSE PAGE : PRINT NEWS

 

 

 
NEWS CATEGORIES
Mimbar Keagamaan
Opini Redaksi
Berita Manado
Politik & Pemerintahan
Pendidikan
Ekonomi
Hukum & Kriminalitas
Otonomi & Suksesi
Bolamania & Olahraga
 
 
BERITA DAERAH
Minahasa
Minahasa Minut
Minahasa Selatan
Minahasa Tenggara
Tomohon
Bitung 
Sangihe
Talaud
Sitaro 
Totabuan 

REDAKSI INFO.
About Us

 

Alamat: Kompleks Ruko Megamas, Blok IB No. 38, Manado
Telp: (0431) 879799 (Hunting),
Fax: (0431) 879795 (Redaksi), (0431) 879790 (Marketing)
 

  

Berita Minahasa Utara  

24 January 2015

Sopir Mikro Minut Mogok, Penumpang Terlantar

 

 IKUTI BERITA LAIN

Berbanderol Rp7,3 miliar
Bupati Resmikan Terminal dan Pusat Perbelanjaan Airmadidi

Bupati Buka Bimtek Penyusunan Laporan Keuangan bagi Kasubag Keuang

North Minahasa Choir Festival akan Kembali Digelar

Airmadidi, KOMENTAR
Para sopir angkutan umum jenis mikro trayek Airmadidi-Kauditan dan Airmadidi Tatelu, Jumat (23/01) kemarin, menggelar aksi mogok. Aksi ini dipicu penolakan terhadap pemberlakuan tarif baru yang dinilai merugikan para sopir.
Di mana pemkab Minut te-lah mengeluarkan Perbup no-mor 10 tahun 2015 ten-tang Penyesuaian Kembali Tarif Angkutan Penumpang Kelas Ekonomi dengan Mobil Pe-numpang/Bus Umum di Minut.
Para sopir beralasan pene-tapan tarif oleh pemkab Mi-nut tersebut tak sesuai de-ngan kenaikan bahan pokok. Termasuk juga harga suku cadang dan juga setoran yang harus dibayarkan kepada pemilik mikro. “Sekarang harga-harga suku cadang sudah naik jauh. Selain itu setoran kepada eigenaar (pemilik kendaraan) juga naik. Tapi di satu sisi kami diwajibkan menarik ongkos yang rendah. Kalau sudah begini, bagaimana kami akan menghidupi anak dan istri,” keluh sejumlah sopir.
Ketua Organisasi Angkatan Darat (Organda) Minut Edwin Pungus juga mengakui tarif yang diterapkan berdasarkan perbup nomor 10 tahun 2015 memberatkan para sopir yang terdesak akibat kenaikan harga bahan pokok dan suku cadang. “Para sopir juga makin terdesak oleh naiknya setoran yang diterapkan pemilik angkutan. Karena kami mengimbau kepada para pemilik angkutan untuk menurunkan setoran para sopir,” ujarnya. 
Akibat aksi mogok terse-but, para penumpang dari Airmadidi menuju Kauditan maupun Tatelu menjadi terlantar. “Kalau mau mogok mancari, kase pengumuman kwa dari jaoh-jaoh hari. Su-paya torang penumpang ada persiapan juga. Kalu bagini para penumpang yang jadi korban,” keluh beberapa murid sekolah yang sudah lelah menanti angkot.
Sementara itu Dishubkom-info mengoperasikan satu unit bus perintis bantuan Kemenhub guna mengang-kut para penumpang yang terlantar. Situasi Terminal Tumatenden Airmadidi juga lebih lengang dari biasanya. Yang terlihat beroperasi ha-nyalah mikro trayek Air-madidi-Paal 2 dan angkutan umum ke Tondano. 
Menanggapi aksi mogok para sopir, Bupati Minut Sompie Singal mengharap-kan para sopir untuk meng-akhiri aksi mereka. “Kita akan melakukan pertemuan pada Senin depan dengan perwakilan para sopir dan juga akan melibatkan tokoh agama. Dalam pertemuan itu, kita akan bersama-sama mencari solusi yang tidak merugikan sopir dan mas-yarakat,” ujar Singal didam-pingi Kadishubkominfo Ben-ny Mengko usai meresmikan terminal dan pusat perbe-lanjaan Airmadidi kemarin.
Lebih jauh Bupati menilai yang menjadi keresahan bukanlah harga BBM yang naik-turun melainkan ke-naikan harga suku cadang kendaraan pasca kenaikan harga BBM awal Januari lalu. “Karena itu kami juga akan memanggil para pedagang sparepart,” pukas Singal.(art)

  
© Copyright 2003 Komentar Group. All rights reserved. webadmin