CLOSE PAGE : PRINT NEWS

 

 

 
NEWS CATEGORIES
Mimbar Keagamaan
Opini Redaksi
Berita Manado
Politik & Pemerintahan
Pendidikan
Ekonomi
Hukum & Kriminalitas
Otonomi & Suksesi
Bolamania & Olahraga
 
 
BERITA DAERAH
Minahasa
Minahasa Minut
Minahasa Selatan
Minahasa Tenggara
Tomohon
Bitung 
Sangihe
Talaud
Sitaro 
Totabuan 

REDAKSI INFO.
About Us

 

Alamat: Kompleks Ruko Megamas, Blok IB No. 38, Manado
Telp: (0431) 879799 (Hunting),
Fax: (0431) 879795 (Redaksi), (0431) 879790 (Marketing)
 

Berita Minahasa

05 February 2015

Tahun 2017, Semua Jalan Sudah Dipasangi Lampu

 

 IKUTI BERITA LAIN

Lagi, Warga Diimbau Waspadai Bencana

Dibuka Presiden Joko Widodo
Wabup Hadiri Rakornas Penanganan Darurat Narkoba

Jalan Manembo-Atep Makin Rusak

Tondano, KOMENTAR
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa bakal memasang lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) tenaga surya di seluruh ruas jalan yang ada di wilayah Kabupaten Minahasa. Program pemasangan lampu jalan ini akan dilakukan secara bertahap selama tiga tahun anggaran.
Menurut Bupati Minahasa Drs Jantje Wowiling Sajow MSi (JWS), program tersebut akan dimulai tahun 2015 ini. “Target kita tiga tahun, mulai 2015 dan selesai 2017. Jadi, pada tahun 2017 nanti, seluruh jalan sudah dipa-sangi lampu jalan tenaga surya. Bukan hanya jalan di kawasan perkotaan, tapi juga jalan-jalan yang meng-hubungkan kota dan desa. Kalau jalan yang ada di tengah hutan, mungkin lam-punya hanya beberapa saja dan jaraknya jauh. Yang pasti semua jalan akan di-pasangi lampu jalan,” ujar Bupati JWS kepada sejum-lah wartawan, Senin (02/02) di Kantor Bupati Minahasa di Tondano.
Lebih lanjut dikatakan, lampu jalan solar cell yang akan dipasang nanti memili-ki keunggulan, selain harga-nya yang terjangkau. Keung-gulannya antara lain daya tahan baterai dan model. Untuk daya tahan bisa sam-pai tujuh tahun. Sedangkan posisinya berada di atas lampu LED. Model ini diang-gap cukup baik karena da-pat mengantisipasi upaya pengrusakan atau pencu-rian oknum-oknum tak ber-tanggung jawab. Namun be-gitu, Bupati JWS mengim-bau agar fasilitas tersebut nanti dijaga bersama. “Fasi-litas ini untuk kepentingan umum. Mari kita sama-sama menjaganya,” tandas bupati.
Dia menambahkan, sistem on-off lampu jalan ini juga otomatis. Tak perlu saklar khusus untuk menghidup-kan atau mematikan lampu jalan tersebut, sebagaimana sistem lampu jalan tenaga listrik PLN yang ada seka-rang. “Ketika terang, lampu solar cell ini akan off dengan sendirinya. Begitu juga keti-ka gelap, secara otomatis langsung menyala,” imbuh bupati.(dav)

  
© Copyright 2003 Komentar Group. All rights reserved. webadmin