CLOSE PAGE : PRINT NEWS

 

 

 
NEWS CATEGORIES
Mimbar Keagamaan
Opini Redaksi
Berita Manado
Politik & Pemerintahan
Pendidikan
Ekonomi
Hukum & Kriminalitas
Otonomi & Suksesi
Bolamania & Olahraga
 
 
BERITA DAERAH
Minahasa
Minahasa Minut
Minahasa Selatan
Minahasa Tenggara
Tomohon
Bitung 
Sangihe
Talaud
Sitaro 
Totabuan 

REDAKSI INFO.
About Us

 

Alamat: Kompleks Ruko Megamas, Blok IB No. 38, Manado
Telp: (0431) 879799 (Hunting),
Fax: (0431) 879795 (Redaksi), (0431) 879790 (Marketing)
 

Berita Minahasa

23 July 2012

Pengambilan Formulir Cabup/Cawabup Dimulai Hari Ini

 

 IKUTI BERITA LAIN

Salangka Tepis Isu HAG
Lirik Kursi Gubernur

Lintas Berita Minahasa

Tondano, KOMENTAR
KPUD Kabupaten Minahasa, mulai Senin (23/06) hari ini, membuka pengambilan formulir pendaftaran Calon Bupati (Cabup) dan Calon Wakil Bupati (Cawabup) Mina-hasa periode 2013-2018. Hal ini disampaikan Ketua KPUD Kabupaten Minahasa, Rommy Leke, melalui ang-gotanya, Meidy Tinangon.
Kepada wartawan, Tina-ngon mengatakan, tahapan pengambilan dokumen pen-daftaran dibuka hingga 27 Juli. “Tanggal 23 sampai 27 Juli, pimpinan parpol yang akan mengusung bakal ca-lon, bisa mengambil doku-men pencalonan di KPUD Minahasa. Bakal calon dari jalur independen juga bisa mengambil formulir penca-lonan. Tanpa formulir ini pendaftaran resmi nanti ti-dak akan lengkap,” ujarnya.
Tinangon menjelaskan, pada tahapan selanjutnya, yakni 28 Juli sampai 1 Agus-tus nanti, KPUD Minahasa akan membuka tahapan pemasukan bukti dukungan dari calon independen. Me-nurutnya, pemasukan bukti dukungan dari bakal calon jalur independen dilakukan lebih awal agar KPUD Mina-hasa bisa melakukan veri-fikasi pada semua bukti du-kungan yang dimasukkan. “Semua bukti dukungan dalam bentuk fotokopi KTP akan kami periksa satu per satu. Verifikasi dilakukan sedetail mungkin agar tidak ada bukti dukungan ganda yang dimasukkan,” jelasnya.
Sesuai aturan, terangnya lagi, calon perseorangan mi-nimal didukung oleh 5 per-sen dari jumlah penduduk Minahasa (335.968 jiwa) atau 16,799 pemilih (foto-kopi KTP) yang tersebar di lebih dari 50 persen jumlah kecamatan atau minimal 12 kecamatan. “Jika kami me-nemukan satu dukungan ganda maka akan dicoret dan harus diganti 100 duku-ngan yang baru,” tegasnya.
Sementara itu, Ketua Partai Demokrat Minahasa, Deny Tombeng mengatakan, meski masih membutuhkan duku-ngan koalisi partai, namun Partai Demokrat kemung-kinan akan mengambil for-mulir di KPUD Kabupaten Minahasa, Senin hari ini. “Ke-mungkinan, esok (hari ini, red) sudah ambil dokumen pencalonan. Tim saya yang akan ke KPUD,” kata figure yang disebut-sebut sebagai kandidat kuat Calon Bupati dari Partai Demokrat itu.
Sementara itu, Sekretaris Partai Golkar Minahasa, Febry Suoth SSos, mengata-kan, partainya akan meme-nuhi semua tahapan di KPUD Minahasa, termasuk tahapan pengambilan formulir penca-lonan.
“Kemungkinan calon bupati Careig N Runtu yang akan bertandang langsung ke Kantor KPUD untuk meng-ambil formulir,” kata Suoth yang juga salah satu legislator di DPRD Kabupaten Mina-hasa itu.(bly)

  
© Copyright 2003 Komentar Group. All rights reserved. webadmin