HANYA SATU UNTUK SEMUA

 

 
NEWS CATEGORIES

 

Alamat: Kompleks Ruko Megamas, Blok IB No. 38, Manado
Telp: (0431) 879799 Fax: (0431) 879795 (Redaksi), (0431) 879790 (Marketing)

Berita Kota Manado dan Sekitarnya

24 January 2015

Pemkot-BI Gelar Pertemuan


Manado, KOMENTAR
Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Manado bersama Bank Indonesia (BI) Sulawesi Utara (Sulut) menggelar pertemuan untuk membahas pengendalian inflasi di daerah ini. Pertemuan itu dilangsungkan di Ruang Toar Lumimuut Kantor Walikota Manado, kemarin. Menurut Wawali Dr Harley AB Mangindaan SE MSM, pertemuan bersama tersebut sangat penting dilakukan dalam rangka menyatukan atau menyamakan persepsi mengenai inflasi di Manado. “Kita harus menyamakan persepsi untuk mengendalikan inflasi di Manado, apa
penyebabnya dan bagaima-na masalah tersebut dapat diatasi bersama,” kata wa-wali saat membuka rapat. Ia mengatakan, inflasi sangat memengaruhi pertumbuhan ekonomi suatu negara dan daerah, termasuk Manado, sehingga harus dicarikan solusi untuk mengendali-kannya. Sementara, Deputi Kepala Perwakilan BI Sulut Dudung Setyadi menjelas-kan, inflasi di Manado untuk Desember 2014 tercatat tinggi, karena mencapai 3,83 persen. “Memang berdasar-kan pengalaman selama ini, Natal dan Tahun baru selalu memicu kenaikan harga, karena permintaan tinggi,” kata Dudung. 
Ditambahkannya, berda-sarkan hasil survey di lapa-ngan, harga cabe pada 1 Januari 2015, mencapai Rp110 kilogram dan sung-guh mengejutkan. 
“Saya bingung, sebab cabe dari Gorontalo tidak masuk dan yang ada dari Jawa, bagaimana bisa terjadi, apa-kah produksi Gorontalo ti-dak cukup atau mengapa se-hingga harus terjadi,” ujar-nya. 
Sebagai solusi, ungkap Du-dung, akan diupayakan su-paya ada sinergitas antara daerah-daerah sehingga ada koordinasi untuk penana-man, jangan bersamaan supaya tidak membuat har-ga turun. 
Lanjutnya, pemerintah juga harus bisa memberikan pemahaman dan sosialisasi kepada masyarakat bahwa stok barang tersedia, sehing-ga tidak akan ada pembelian dalam jumlah besar yang bisa membuat inflasi naik tinggi. 
Selain membahas inflasi, pemerintah juga minta agar, harga kondisi BBM terma-suk LPG terpantau agar suasana tetap baik dan tidak bermasalah atau menim-bulkan inflasi.(yha)

  
© Copyright 2003 Komentar Group. All rights reserved. webadmin