HANYA SATU UNTUK SEMUA

 

 
NEWS CATEGORIES

 

Alamat: Kompleks Ruko Megamas, Blok IB No. 38, Manado
Telp: (0431) 879799 Fax: (0431) 879795 (Redaksi), (0431) 879790 (Marketing)

Headline News

10 March 2015

Ketua DPR Setuju Parpol Disantuni Rp1 T


Jakarta, KOMENTAR
Wacana subsidi APBN ter-hadap partai politik (parpol) Rp1 triliun per tahun yang diwacanakan Mendagri Tjahjo Kumolo, di-support Ketua DPR RI Setya Novanto. Setya mengakui, setiap par-pol memang punya kendala dalam hal pendanaan. “Me-mang semua parpol ini pasti
mengalami kendala dalam hal pendanaan, dan tentu kita cari jalan keluar terbaik untuk bisa semua parpol bisa lakukan fungsi dalam kepartaian agar berjalan baik,” kata Setya Novanto di gedung DPR, Jakarta, Senin (09/03).
Setya mengatakan, penda-naan bagi partai politik bisa menjadi jalan keluar dari ‘carut-marutnya’ sumber pendanaan yang bisa ber-ujung pada maraknya prak-tik korupsi. Namun, Setya juga mengingatkan agar mempertimbangkan kondisi keuangan negara. “Sepan-jang tak memberatkan ke-pentingan rakyat, ada program yang harus kita siap-kan. Mudah-mudahan ada jalan keluar dan memang harus dicarikan jalan ke-luarnya,” ujar bendahara umum Golkar itu.
Setya juga menuturkan, wacana ini perlu dikaji lebih jauh antara pemerintah de-ngan DPR dalam hal ini ko-misi II, termasuk soal be-sarannya yang disebutkan Mendagri bisa mencapai Rp1 triliun.
“Ada yang berkaitan deng-an dana rutin, program dan macam-macam, kalau se-mua sudah terjalin dalam hal pendanaan yang jelas akan memudahkan,” tegas-nya.
Sebelumnya, Mendagri Tjahjo Kumolo melontarkan perlunya pendanaan partai politik oleh pemerintah untuk mencegah praktik-praktik korupsi di lingkaran partai. Dana parpol ini sebe-tulnya sudah berlangsung selama ini, namun nominal-nya tak maksimal. Yaitu tiap parpol yang lolos parlemen mendapat Rp108/suara per tahun.
Dana parpol juga sudah diatur dalam UU Nomor 2 Tahun 2011 tentang Partai Politik, termasuk praktiknya dalam pemilu sudah diatur dalam Peraturan KPU Nomor 17 Tahun 2014 tentang Dana Kampanye dan PKPU Nomor 1 Tahun 2014 ten-tang Pedoman Pelaporan Dana Kampanye.(sbr/dtc)

  
© Copyright 2003 Komentar Group. All rights reserved. webadmin