HANYA SATU UNTUK SEMUA

 

 
NEWS CATEGORIES

 

Alamat: Kompleks Ruko Megamas, Blok IB No. 38, Manado
Telp: (0431) 879799 Fax: (0431) 879795 (Redaksi), (0431) 879790 (Marketing)

Headline News

28 January 2015

SHS teken MoU dengan BUM Cina
Indonesia-Tiongkok Invest 8 Miliar USD 


Manado, KOMENTAR
Gubernur Sulut Dr Sinyo Sarundajang (SHS), menda-pat tugas khusus ikut de-ngan Menteri Koordinator Perekonomian Sofian Djalil dan Menteri Perindustrian Saleh Husin mengadakan misi pengembangan kerja sama bidang ekonomi de-ngan pemerintah Republik Rakyat Tiongkok, Cina. Kunjungan kenegaraan ini merupakan misi tindak lanjut dari pertemuan Pre-siden Republik Indonesia Joko Widodo dengan Presi-den Cina Xi Jinping pada waktu APEC Leaders akhir tahun 2014 lalu di Beijing. Selain SHS, delegasi Indonesia terdiri dari Menko Per-ekonomian, Kemenlu, Bap-penas, Kementerian Perin-dustrian, Kementerian Per-dagangan, Bank Indonesia dan Dirut PLN. “Rangkaian pertemuan teknis telah di-laksanakan yaitu dengan Kepala Perencanaan dan Reformasi Negara Cina, Xu Shaoshi membahas menge-nai pendanaan proyek-proyek pembangunan untuk Republik Indonesia, Menteri Perdagangan Cina membi-carakan bidang perda-ngagan bilateral kedua ne-gara. Kemudian pertemuan High Level Economic Dialog RRT-RI, Menko Perekono-mian RRT Yang Jiechi dan Menko Perekonomian RI, membahas inisiatif pengem-bangan ekonomi berkaitan dengan Poros Maritim Pre-siden RI Joko Widodo yang sejalan dengan Jalur Sutera Maritim yang saat ini se-mentara dikembangkan oleh Presiden Xi Jinping,” beber Jubir Pemprop Jahja Ron-donuwu. 
Dijelaskannya, pertemuan ini membahas perencanaan strategis dalam berbagai bi-dang, peningkatkan hubu-ngan kerjasama bidang per-ekonomian, kerjasama ke-uangan, perdangangan, per-industrian, kerjasama in-frastruktur dan investasi serta kerjasama luar negeri antar kedua negara RRT dan Indonesia. 
“Saat ini nilai investasi dari RRT ke Indonesia sebesar 5,5 miliar Dolar AS dan dari Indonesia ke RRT 2,5 miliar Dolar AS.Jadi jumlahnya 8 miliar Dolar AS,” jelasnya.
Dalam pertemuan tingkat tinggi ini SHS diminta men-jelaskan secara detail pro-gress pengembangan Kawas-an Ekonomi Khusus (KEK) Bitung, Pembangunan Jalan Tol Manado-Bitung dan Pengembangan Industri-Industri Perikanan, serta Agro-Industri. 
“Proyek-proyek yang siap untuk ditawarkan ke investor, seperti: geothermal di Minahasa, Bolmong dan Bitung serta pengembangan pelabuhan di Kabupaten Kepulauan Sangihe, Talaud dan Sitaro,” jelasnya.
Sebelumnya, SHS menan-datangani nota kesepa-haman dengan Presiden CCCC (China Communication Construction Company Limited) salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Cina, terkait pengemba-ngan infrastruktur kawasan industri. Dan sesuai agenda hari ini (kemarin, red) de-legasi Indonesia akan ber-temu dengan Perdana Men-teri Cina Li Keqiang, lalu mengikuti pertemuan ker-jasama keuangan antara Presiden Bank Export Import China, China Development Bank dan Bank Indonesia untuk membicarakan imple-mentasi pendanaan pembia-yaan bidang perdangan dan investasi.
Pemerintah Cina menurut Rondonuwu sangat optimis bahwa pengembangan Ka-wasan Ekonomi Khusus Bi-tung akan segera terealisasi. “Akan masuk dalam daftar kerjasama bidang investasi pemerintah RRT dan Repu-blik Indonesia,” tukas Ron-donuwu.
Lantas apa tanggapan dari SHS? “Mimpi ini akan men-jadi kenyataan dan dapat diteruskan oleh gubernur yang akan menggantikan saya untuk pembangunan Sulawesi Utara lebih maju lagi di era kebangkitan Pa-sifik,” tandas Rondonuwu mengutip pernyataan SHS.
Ikut bersama dalam tugas mendampingi Gubernur di RRT, Asisten II Sulut Sanny Parengkuan, Staf Khusus Gubernur Franky Manum-pil dan Shelly Sondakh dari Pokja KEK Sulut.(imo)

  
© Copyright 2003 Komentar Group. All rights reserved. webadmin