HANYA SATU UNTUK SEMUA

 

 

NEWS CATEGORIES

 

Alamat: Kompleks Ruko Megamas, Blok IB No. 38, Manado
Telp: (0431) 879799 Fax: (0431) 879795 (Redaksi), (0431) 879790 (Marketing)

Berita Ekonomi dan Bisnis

05 February 2015

IKM Sulut Harus Manfaatkan Minimarket


Hadirnya dua raksasa mini-market, Indomaret dan Alfamart di daerah ini, membuka kesem-patan yang bagus bagi Industri Kecil dan Menengah (IKM) Sulut. 
“Seharusnya IKM di Sulut me-manfaatkan peluang ini. Karena makin banyak ritel yang ada di sini, makin banyak pula produk lokal yang bisa dipasarkan da-lam minimarket,” ujar Kepala Di-nas Perundustrian dan Perda-gangan (Disperindag) Sulut Jenny Karouw melalui Kepala Bidang Fasilitasi Pengemba-ngan IKM Alwy Pontoh, kepada wartawan Rabu (04/02).
Masuknya minimarket ke Sulut yang diperkirakan ada sebanyak 60 outlet, dimintanya untuk dija-dikan tantangan bagi IKM untuk lebih maju lagi. “Kami akan ber-koordinasi dengan kabupaten dan kota karena pemberian izin pendirian berasal dari peme-rintah kabupaten serta kota, untuk memfasilitasi para IKM agar produknya bisa dipajang di minimarket tersebut,” jelasnya.
Apabila sinergi seperti itu sudah berjalan dengan baik, maka kehadiran ritel modern sebenarnya tidak menjadi penghambat bagi IKM, tapi justru mampu memberikan nilai tambah bagi IKM di Sulut.
Dia mengatakan pihaknya tak bisa menolak minimarket untuk masuk berinvestasi di Bumi Nyiur Melambai, karena ini salah satu tantangan memasuki pasar global.
“Sebentar lagi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Nah, ini lebih banyak lagi produk luar negeri masuk ke Indonesia termasuk Sulut. Kalau kita tidak siap maka siap-siaplah menjadi penonton,” tuturnya.
Makanya, ia menghimbau kepada para pelaku usaha di daerah ini untuk meningkatkan daya saing terutama kualitas produk.(sco) 


  
© Copyright 2003 Komentar Group. All rights reserved. webadmin