HANYA SATU UNTUK SEMUA

 

 
NEWS CATEGORIES

 

Alamat: Kompleks Ruko Megamas, Blok IB No. 38, Manado
Telp: (0431) 879799 Fax: (0431) 879795 (Redaksi), (0431) 879790 (Marketing)

Berita Totabuan

10 March 2015

Oknum PNS Kibuli Bupati Bolmut dan BKN


Boroko, KOMENTAR
Proses kenaikan pangkat dan golongan PNS periode Oktober 2014 tahun lalu sukses diproses oleh Badan Ke-pegawaian Daerah dan Diklat (BKDD) Kabupaten Bolmong Utara (Bolmut). Sayangnya, dari sekian ratus PNS yang diproses kenaikan pangkatnya diduga kuat ada oknum PNS yang dengan sengaja melakukan pelanggaran.
Data yang diperoleh, pelaku tersebut adalah IR yang tak lain adalah salah seorang PNS dari jajaran Dinas Pendidikan berprofesi guru yang ternyata telah mengantongi pangkat dan golongan III C. Hebatnya, oknum guru tersebut mampu mengibuli BKN dan Bupati Depri Pontoh sehingga SK kenaikan pangkatnya dinyata-kan sah dan layak diproses lebih lanjut.
Sumber resmi dari SMP Sa-tap Sang Tombolang menye-butkan, modus IR mengurus pangkat cukup lihai. Di mana prosedur dan tahapan yang ia jalani tanpa diketahui Kepala Sekolahnya (kepsek). Berikut, surat pengantar Penetapan Angka Kredit (PAK) tak pernah diteken sang Kepsek. Diduga kuat, IR menggunakan keli-haian menyulap tanda tangan Kepsek.
“Sudah menjadi rahasia umum, kalau oknum IR ini, kehadirannya melaksanakan tugas dalam setahun bisa dihitung jari,” ujar sumber, Senin (09/03) kemarin.
Dia menjelaskan, selain tak diketahui Kepala Sekolah, usulan PAK yang mestinya ditandatangani oleh Pengawas pun luput dari pengawasan. Ridwan Ambo Dalle, salah se-orang pengawas tingkat SMP yang dikenal amat teliti, tak lu-put dari tipu muslihat IR. Pela-ku sukses melakukan pemal-suan tandatangan sang penga-was, dan berkasnya pun aman sampai ke BKDD yang tak tahu menahu tentang ulahnya itu.
“Agar aparatur daerah ini memiliki kondite yang baik, maka sudah selayaknya, se-mua prosedur kenaikan pangkat mulai dari instansi masing-masing yang diproses. Bukan main sulap-sulapan. Demi nama baik aparatur Bolmong Utara, kami minta Bupati menganulir pangkat III C dari oknum seperti itu. Dan ini menjadi warning bagi Bupati dan BKN agar tidak cepat-cepat mengesahkan. Bila hendak memroses dan menyetujui kenaikan pangkat seseorang, harus valid data-datanya,” ujar Iswanto Kobandaha, pemer-hati Pendidikan Sangkub.
Di tempat terpisah, Wakil Ketua I DPRD Arman Lumoto, S.Ag M.Pd.I menyangkan hal tersebut. Dikatakannya seba-gai pendidik, IR tidak seha-rusnya bertindak demikian. Pihaknya kemudian meminta Bupati Bolmut Depri Pontoh untuk meninjau kembali ke-naikan pangkat oknum ber-sangkutan.(tr-1)

  
© Copyright 2003 Komentar Group. All rights reserved. webadmin