HANYA SATU UNTUK SEMUA

 

 
NEWS CATEGORIES

 

Alamat: Kompleks Ruko Megamas, Blok IB No. 38, Manado
Telp: (0431) 879799 Fax: (0431) 879795 (Redaksi), (0431) 879790 (Marketing)

Berita Totabuan

10 March 2015

Tidak bisa muat beban berat
Kejaksaan Periksa Truk Tronton Pengadaan PU-Kimpraswil 2012 


Bolaang Uki, KOMENTAR
Terparkirnya truk tronton hasil pengadaan Dinas Pe-kerjaan Umum Kimpraswil tahun anggaran 2012 lalu, bukan hanya lantaran ter-sandung hukum. Truk tron-ton yang lazimnya dapat mengangkut beberapa ton beban ini, tapi tidak tronton milik Dinas PU ini. Hasil pengadaan bermasalah ini rupanya tidak mampu me-muat beban yang sesuai spesifikasinya.
Ini lantaran pengadaan truk tronton yang saat ini te-ngah diperiksa oleh Kejak-saan, tidak sesuai dengan spesifikasi pada kontrak yang ada. Pengakuan salah satu sopir truk tronton terse-but, mengatakan dirinya tidak berani mengambil resiko bila memuat beban yang lebih berat. Dia menilai, truk tronton yang belaka-ngan hanya memiliki satu garden itu, tidak akan mam-pu mengangkut barang yang biasa dimuat truk tronton lainnya.
Hal ini diungkapkan Kepa-la Dinas PU Kimpraswil Ir Teddy Maningka yang heran mendengar pengakuan operator truk tersebut.
“Kondisinya memang baik dan bisa jalan. Hanya saja untuk mengangkut alat be-rat, itu tidak mampu jika dalam jarak tempuh yang jauh dan jalan tanjakan. Padahal, kalau truk tronton umumnya itu bisa. Mungkin ini yang menjadi alasan operator tidak mau bawa tron-ton itu bila muat alat berat,” kata Maningka.
Sebagaimana diketahui, pihak Kejaksaan Negeri Ca-bang Dumoga dikabarkan mulai terus mengembangkan kasus ini. Menurut Kepala Ke-jaksaan Negeri Cabang Dumo-ga, Lahaja SH, mengatakan beberapa saksi sudah dipang-gil untuk diminta keterangan-nya. Dia mengakui penyidikan kasus tronton di Dinas PU ini berjalan lamban karena mi-nimnya tenaga penyidik di kantornya. Namun dia me-mastikan, kasus ini akan segera diajukan ke pengadilan untuk disidangkan.
“Tidak lama lagi kasus ini akan disidangkan. Paling lambat awal April menda-tang,” kata Lahaja, kepada wartawan belum lama ini.(fai)

  
© Copyright 2003 Komentar Group. All rights reserved. webadmin