HANYA SATU UNTUK SEMUA

 

 
NEWS CATEGORIES

 

Alamat: Kompleks Ruko Megamas, Blok IB No. 38, Manado
Telp: (0431) 879799 Fax: (0431) 879795 (Redaksi), (0431) 879790 (Marketing)

Berita Totabuan

23 July 2012

Pemekaran tak Semudah
Membalik Telapak Tangan


Kotamobagu, KOMENTAR
Tonny Ponongoa AmPd se-laku Pelaksana Tugas (Plt) Camat Kotamobagu Timur, rupanya sudah mengetahui tentang wacana pemekaran wilayah yang kini bertiup ken-cang di Moyag bersatu. Ia me-ngaku sudah didatangi oleh sejumlah tokoh masyarakat dan tokoh adat, dari tiga desa di sana. Masing-masing Desa Moyag Tampoan, Moyag induk, dan Moyag Todulan.
“Saya sudah mendapat lapo-ran sekaligus ditemui lang-sung oleh sejumlah tokoh mas-yarakat dan tokoh agama dari tiga desa di Moyag bersatu. Mereka satu suara, gelisah dengan adanya beredarnya isu tersebut. Sekaligus mere-ka juga menegaskan tidak akan berpisah atau dipisah-kan, dari bagian masyarakat Kota Kotamobagu untuk ber-gabung ke Kabupaten Boltim,” bebernya kepada Komentar, Minggu (22/07) kemarin.
Ia pun telah pula memberi-kan penegasan kepada warga yang datang menghadap diri-
nya pada pekan lalu itu. “Saya katakan kepada mere-ka bahwa tidak usah tang-gapi isu tersebut, apalagi wa-cana dimaksud tidak sepe-ngetahuan kami sebagai wa-kil pemerintah di tingkat ke-camatan. Kan seyogyanya ka-lau akan ada pemekaran, baik desa/kelurahan atau-pun kecamatan, itu harus sepengetahuan pemerintah,” tutur Tonny.
“Saya juga sudah menanya-kan langsung persoalan ini kepada Sangadi Moyag Todu-lan dan Moyag Tampoan be-serta tiga sekretaris desa. Me-nurut penjelasan mereka, wacana itu dihembuskan oleh oknum-oknum tertentu dengan latar belakang sakit hati. Artinya, materi yang dikemukakan para pengga-gas itu lebih cenderung ala-san pribadi ketimbang demi ke-pentingan umum,” lanjutnya.
Informasi yang diterimanya menyebutkan, kelompok pemrakarsa itu merancang pemekaran dimulai dari tingkat desa. Wilayah Moyag bersatu yang saat ini terdiri atas tiga desa, akan dimekar-kan menjadi tujuh desa. Setelah itu berdiri menjadi sebuah kecamatan. “Setelah Kecamatan Moyag ini berdiri, langkah selanjutnya adalah bergabung masuk dalam wilayah Kabupaten Boltim,” ungkap Camat yang juga me-rangkap Sekretaris Dinsos-naker (Dinas Sosial dan Te-naga Kerja) Kotamobagu ini.
“Tapi barangkali mereka lupa bahwa pemekaran wila-yah itu tidak semudah mem-balik telapak tangan. Semua-nya butuh proses dan peren-canaan yang matang. Terma-suk ketersediaan sarana dan prasarana, personel pegawai, sampai ke persoalan dukung-an anggaran,” tandasnya.
Yang pasti, kata Tonny, pihaknya tetap memberikan perhatian serius terhadap persoalan tersebut. “Kami tentu tidak akan mendiam-kan hal ini terus bergulir. Kami akan mengambil lang-kah-langkah konkrit, khu-susnya mencegah supaya jangan terjadi gesekan di kalangan masyarakat lanta-ran muncul pro-kontra ter-kait wacana tersebut,” te-gasnya.(cop)

  
© Copyright 2003 Komentar Group. All rights reserved. webadmin